Pentingnya Dongeng Buat Anak Untuk Menanamkan Budi Pekerti Yang Baik  Di Alam Bawah Sadarnya

Pentingnya Dongeng Buat Anak Untuk Menanamkan Budi Pekerti Yang Baik Di Alam Bawah Sadarnya

Hayooo, mama masih suka nggak membacakan dongeng untuk anak sebagai pengantar tidurnya ? Dongeng merupakan cerita fiksi yang isinya mengandung nilai-nilai budi pekerti  yang tidak akan rugi jika diceritakan pada anak. Melalui dongeng  yang mengandung  nilai positif bisa membuat hati anak menjadi lebih tenang, itulah yang membuat dongeng suka diceritakan untuk pengantar tidur hingga anak pulas tidur.

Biasanya cerita dongeng untuk anak mempunyai alur cerita yang sederhana sehingga dapat diterima oleh pemikiran anak-anak. Cerita dongeng inilah yang dapat menunjukan pada anak mana tokoh jahatnya mana tokoh baiknya, sehingga bisa berefek positif pada pertumbuhan mental anak.

Ilustrasi Mama Mendongeng
Ilustrasi Mama Mendongeng (Foto: parenting.firstcry.com)

Biar mama bisa menceritakan dongeng dengan menarik untuk anak dan anak bisa mengerti  isinya ada nih mama caranya, di simak ya mama.

Siap nggak siap harus siap ya

Mama harus percaya diri ya ! Jangan merasa bahwa mama tidak bisa mendongeng, jadi mama jangan tegang karena mama mendongeng di depan anak sendiri. Kalau mama nggak merasa yakin bisa mengarang cerita dongeng maka mama bisa sambil membaca buku cerita anak ya.

Ikut berimajinasi

Sebetulnya kejadian sehari-hari yang dialami oleh mama dan anak bisa kok dijadikan bahan dongeng. Tapi kalau mama sedang tidak ada ide, mama bisa menggunakan buku cerita bergambar. Kalau menggunakan buku cerita bergambar mama bisa ikutan berbaring di sebelah anak sehingga anak juga bisa ikut melihat gambarnya.

Terpenting mama kalau mau mengarang dongeng, carilah tema yang sederhana saja ya mama jangan yang berat biar anak nggak berat mikirnya. Mama juga bisa menggunakan boneka atau mainan anak sebagai latar belakang ceritanya.

Mengalir saja tidak perlu dihafalkan

Biasanya kalau dongeng di hafal akan terkesan kaku dan tidak alami. Jadi sebaiknya mama tidak perlu menghafal kata-kata persis di dalam buku dongeng. Justru sebaiknya mama bisa hanya menghafal inti dari dongeng dan mengembangkannya saat berada di dekat anak untuk mendongenginya.

Wajah harus ekpresif

Sedikit menampakan wajah lucu di depan anak nggak apa-apa kok mama. Justru wajah mama yang ekpresif akan menambah keseruan dalam mendongeng, anak akan justru menjadi antusias dan akan teringat terus makna atau pesan dari dongeng tersebut karena sekaligus mengingat wajah mama.

Aktif gunakan alat bantu

Mama bisa juga menggunakan alat bantu saat mendongeng dan mengikutsertakan anak untuk berperan dalam mendongeng. Alat bantu bsa berupa boneka tangan atau mainan mobil-mobilan. Ajak anak juga untuk ikut serta dalam dongeng mama untuk merangsang daya pikirnya.

Atur suara mama

Biar dongeng mama lebih mengena, mama bisa menggunakan suara yang berbeda di setiap tokohnya. Jadi dongengnya tidak perlu yang banyak tokoh. Anak akan lebih serius mendengar kalau mama bisa menggunakan suara yang berbeda apalagi jika isi pembicaraan mengenai nasihat atau petuah.

Sering-sering kontak mata dengan anak

Walaupun mama sedang asyik mendongeng sesekali mama harus melakukan kontak mata dengan anak. Kontak mata dengan anak akan memudahkan anak untuk menerima pesan dari dongen tersebut sembari mengusap kepalanya.

Menyampaikan dongeng untuk anak memang memerlukan daya khayal mama karena di dalam sebuah dongeng akan terkandung nilai-nilai budi pekerti yang jika disampaikan dengan baik maka anak akan mudah mengingatnya. Kalau mama bisa rutin menceritakan dongeng sebelum tidur pada anak maka anak dapat lebih mudah untuk menanamkan budi pekerti pada anak tanpa disadarinya.

Ilustrasi Mendongeng Bantu Imajinasi Anak
Ilustrasi Mendongeng Bantu Imajinasi Anak (Foto: dritare.ne}

Mendongeng dapat membantu perkembangan imajinasi anak

Selayaknya anak, mereka membutuhkan perkembangan daya pikir berupa imajinasi. Normalnya anak mereka akan mempunyai fase mengkhayal. Khayalan atau imajinasi anak ini kelak akan membantu anak untuk  dapat berpikir dengan lebih kreatif dalam menghadapi sebuah masalah. Anak yang bisa berimajinasi juga dapat berkembang secara komunikasinya dengan orang lain.

Nah, biasanya pada saat anak mendengarkan dongen yang mama berikan, daya pikir dan imajinasi anak akan lebih terangsang dalam membayangkan situasi dan kondisi seperti yang didengarnya saat mama mendongeng.

Penggunaan kaa-kata yang mama pilih dalam mendongeng justru akan dapat membuat anak lebih ekpresif dalam mengungkapan perasaannya. Biasanya anak yang ekspresif dalam berkata-kata akan jauh dari kata stress karena tidak ada tekanan di dalam hatinya.

Mendongeng untuk Menanamkan budi pekerti luhur
Mendongeng untuk Menanamkan budi pekerti luhur (foto: pinterest)

Mendongeng sebagai media menanamkan budi pekerti yang positif pada anak

Pada cerita dongeng memang akan hadir beberapa tokoh. Tokoh-tokoh ini merupakan tokoh baik dan jahat. Biasanya pada sebuah cerita dongeng selalu akan berakhir dengan kebahagiaan. Kebahagiaan ini adalah di mana tokoh yang jahat akan dikalahkan oleh tokoh baik.

Seperti contoh pada dongeng bawang merah bawang putih, dimana bawah merah yang sombong, serakah dan tamak pada akhirnya akan menerima ganjaran akibat dari sifat-sifatnya tersebut. Inilah inti dari sebuah dongeng yang selalu mengajarkan  untuk selalu melakukan yang baik. Walaupun pada kehidupan nyata tidak ada yang seperti dalam dongeng.

Tetapi nilai-nilai kebaikanlah yang pada intinya ingin ditanamkan di dalam benak anak. Banyak pesan moral di dalam dongeng seperti tidak boleh sombong, harus rendah diri, suka menolong inilah inti dalam memberikan dongeng pada anak. Melalui dongeng pula anak bisa melihat pada kehidupan nyata juga aka nada yang mempunyai sifat baik dan buruk sehingga anak bisa lebih waspada.

Mendongeng bisa mempererat ikatan mama dan anak

Tanpa mama sadari jika mama rutin membacakan dongeng untuk anak secara tidak langsung benang merah mama dan anak akan menjadi semakin erat. Saat mendongeng mama juga bisa secara langsung mendengarkan curahan hati anak tentang apa yang sedang dirasakannya atau yang sedang menjadi kegundahannya.

Mendongeng akan membuat anak menjadi lebih terbuka dengan mama, sehingga mama juga bisa memberikan jalan keluar akan apa yang dirasakannya. Misalkan anak mengalami kenakalan dari teman sekelasnya maka tanpa takut tentunya akan diceritakannya sehingga tidak ada yang mengganjal di hatinya dan mama bisa memberikan jalan keluar terhadap masalah yang sedang dihadapinya.

Ayo mama mendongeng untuk perkembangan budi pekerti anak menjadi lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *