Inilah 10 Film Kartun “Unyu-unyu” Yang Paling Disukai Anak-anak Di Indonesia

Inilah 10 Film Kartun “Unyu-unyu” Yang Paling Disukai Anak-anak Di Indonesia

Tua maupun muda apalagi anak-anak pastinya akan suka dengan film kartun. Mama juga pastinya juga suka film kartun, kalaupun tidak suka film kartun nanti lama-lama mama pasti suka karena sekaligus untuk menemani anak saat menontonnya. Menonton film kartun biasanya akan membuat anak bisa tertawa lepas karena senang.

Menonton film kartun yang berisi muatan positif sesungguhnya dapat membantu anak yang masih dalam tahap awal belajar. Film kartun yang banyak berisi gambar angka atau huruf  dapat menjadi media anak dalam belajar mengenal huruf, angka maupun melafalkannya. Anak bisa dengan mudah untuk mengingatnya karena huruf dan angkanya biasanya akan dibuat dengan warna yang menarik.

Ada juga beberapa film kartun yang jika anak menontonnya akan  bermanfaat untuk membantu anak mengembangkan kemampuan kognitifnya. Kemampuan kognitif ini akan mendukung anak dalam bekerja secara logika dan penalaran.

Sedangkan bahasa yang biasa dipergunakan pada film kartun akan menggunakan bahasa yang sederhana agar anak menjadi lebih mudah untuk mengerti dan mencernanya. Mama, sebaiknya untuk tahap awal anak diperkenalkan dengan film kartun yang menggunakan bahasa ibu sehingga anak sekaligus bisa belajar berkata-kata ya.

Nah mama, pada film kartun yang berkalitas bagus akan dapat meningkatkan daya imajinasi serta kreatifitas anak. Pada film kartun kualitas baik biasanya akan berisi adegan yang lucu-lucu. Selain itu adegan yang lucu pada film kartun justru dapat membuat anak lepas tertawa sehingga dapat melepaskan zat endorphin yang merangsang perasaan positif pada anak.

Pilihan film kartun anak selain “unyu-unyu” juga harus bermuatan kebaikan

Mama, film kartun tentunya identik dengan anak-anak karena dapat dinikmati pada semua umur. Walaupun film-film kartun selain adegannya lucu juga jalan ceritanya dibuat lucu serta menarik. Selain lucu “unyu-unyu”  sebaiknya mama bisa memilihkan film kartun untuk anak yang mengandung nilai-nilai positif juga.

10 film kartun ini dijamin pasti anak-anak Indonesia menyukainya termasuk anak mama lho…

  1. Film kartun Zootopia
Ilustrasi Film Kartun Zootopia
Ilustrasi Film Kartun Zootopia (Foto: movieden.net)

Film kartun yang bertokohkan berbagai binatang ini bercerita tentang seekor kelinci lincah bernama Judy. Judy ini mempunyai cita-cita untuk menjadi polisi dan masuk ke dalam akademi kepolisian. Perawakan Judy yang  kecil terlihat sangat mencolok berada di tengah-tengah kawan-kawannya  seperti macan, badak, harimau dan sebagainya. Fisik Judy yang kecil dianggap lemah oleh kawan-kawan dan pelatihnya.

Oleh karena itulah maka Judy lebih sering diberikan tugas-tugas yang terkesan sepele yaitu sebagai tukang parkir. Akan tetapi Judy tetap melakukan tugas sebagai tukang parkir dengan sungguh-sungguh sehingga Judy mendapat tugas yang lebih berat lagi.

Jadi pesan moral yang ada di film kartun ini adalah jangan pernah menganggap remeh sebuah pekerjaan. Semua pekerjaan walaupun terlihat sepele akan tetapi jika dikerjakan dengan rasa tanggung jawab akan membawa kepada sebuah tanggung jawab yang lebih besar lagi bagi masa depan.

  1. Film kartun Finding Nemo
Ilustrasi Film Kartun Finding Nemo
Ilustrasi Film Kartun Finding Nemo (Foto: sains.kompas.com}

Film berlatar dunia bawah laut ini bercerita tentang ikan kecil bernama Nemo. Nemo sebelumnya hidup bahagia bersama ayahnya yang sangat menyayanginya. Suatu saat karena sebuah peristiwa Nemo harus mengalami kejadian yang menyeramkan yaitu harus terjebak di dunia manusia di darat dimana Nemo terjebak dalam sebuah aquarium kecil bersama beberapa temannya.

Inilah film yang berkisah tentang perjuangan seorang ayah yang dengan tidak putus asa menempuh segala cara demi menemukan anak kesayangannya. Ayah Nemo menempuh perjalanan yang berbahaya demi untuk dapat kembali bertemu kembai dengan Nemo. Pesan yang terkandung pada film ini adalah kasih orangtua tidak pernah akan putus, orangtua dapat melakukan apa saja demi memberikan kebahagiaan untuk anaknya.

  1. Film kartun Frozen 1 dan 2
Ilustrasi Film Kartun Frozen
Ilustrasi Film Kartun Frozen (Foto: kompas.com)

Ehm…inilah film kartun yang banyak digemari terutama oleh anak perempuan. Berkisah tentang kekuatan dua orang bersaudara Elsa dan Ana yang sempat terpisahkan karena kemampuan sang kakak yang dapat membekukan. Demi melindungi adiknya agar tidak terkena dampak kekuatannya, Elsa melarikan diri ke gunung es.

Perasaan rindu pada Elsa sang kakak, Ana menempuh perjalanan berbahaya untuk menemukan Elsa. Segala rintangan yang membahayakan Ana hadapi dengan gagah berani dan pada akhirnya dapat bertemu dengan Elsa sang kakak yang dirindukannya. Adapun pesan moralnya adalah begitu kuatnya benang merah persaudaraan sehingga sanggup melakukan perjalanan seberat apapun untuk kembali berjumpa sang kakak.

  1. Film kartun Big Hero 6
Ilustrasi Film Kartun Big Hero 6
Ilustrasi Film Kartun Big Hero 6 (Foto: bobo.grid.id)

Film kartun ini memang selain mengharukan juga lucu juga perpaduan antara persaudaraan, pertemanan dan persahabatan. Pertemanan seorang anak kecil bernama Hiro yang ditinggal meninggal oleh kakak kesayangannya Tadashi. Saat putus asa mulai menghinggapi Hiro menemukan robot lucu yang di beri nama Max.

Hiro dan Max dan teman-teman lainnya pada akhirnya melakukan petualangan bersama untuk menemukan otak kelicikan yang menyebabkan  Tadashi meninggal. Mereka saling bahu-membahu untuk mengungkapkan misteri. Pesan yang tersembunyi dari film kartun ini adalah persahabatan harus saling mendukung untuk mencapai apa yang diharapkan.

  1. Film kartun Rio
Ilustrasi Film Kartun Rio
Ilustrasi Film Kartun Rio (Foto: http://photograpchy.blogspot.com/)

Mama bisa mengajak anak untuk menonton film Rio ini karena film ini bercerita tentang sebuah persahabatan antara Blu (seekor burung) dan Linda yang sudah memelihara Blu sejak kecil. Linda memperlakukan Blu  seperti manusia sehingga Blu memiliki kemampuan seperti manusia seperti menyikat gigi, membuat kopi dan kegiatan lainnya yang dikerjakan manusia. Tetapi ada satu kekurangan Blu adalah terbang, Blu memang tidak bisa terbang seperti burung-burung lainnya.

Pada suatu saat, Blu diberi kesempatan untuk bertemu dengan burung nuri betina yang hampir punah. Akhirnya Blu mendapat kesempatan untuk melihat dunia luar untuk bertemu burung nuri betina  tetapi sebelum mereka merasa benar-benar cocok, mereka mengalami pengalaman yang luar biasa sekaligus membuat Blu harus bisa terbang. Walau film ini sudah cukup lama, akan tetapi banyak kejadian yang bisa membuat anak tertawa lepas dengan aksi Blu.

  1. Film kartun Wonder Park
Ilustrasi Film Kartun Wonder Park
Ilustrasi Film Kartun Wonder Park (Foto: viva.co.id)

Film Wonder Park ini merupakan film kartun yang bisa membangun imajinasi anak. Bercerita tentang seorang anak perempuan bernama June yang selain pintar juga selalu mempunyai imajinasi. June mempunyai banyak boneka binatang dan dirinya berimajinasi seolah-olah sedang berada di taman bermain bernama Wonder Park. Dari masing-masing bonekanya, June membayangkan mereka memiliki berbagai keterampilan, seperti sang landak Steve yang selalu ditugaskan untuk melakukan operasi keselamatan.

Imajinasi seorang memang tidak dapat di bendung, karena bisa saja imajinasi anak merupakan cita-citanya akan masa depannya yang akan dilakukan. Inilah inti dari film Wonder Park ini adalah jangan sampai anak berhenti untuk berimajinasi karena anak yang cerdas pasti akan selalu berimajinasi.

  1. Film kartun The Secret of Life Pets 2
Ilustrasi Film Kartun The Secret of Life Pets 2
Ilustrasi Film Kartun The Secret of Life Pets 2 (Foto: youtube.com)

Kalau mama ingin bisa tertawa dengan anak, nggak salah kalau mama nonton film The Secret of Life Pets 2 ini. Film ini berkisah tentang pengalaman Max yang mencoba untuk bisa menghadapi perubahan yang terjadi di dalam kehidupannya karena pemiliknya sekarang sudah mempunyai seorang bayi. Disinilah perilaku-perilaku lucu Max yang bisa mengundang tawa.

Pada film ini sebetulnya ingin memberikan pemahaman bahwasanya seseorang pastinya akan mengalami perubahan-perubahan di dalam kehidupannya. Perubahan di dalam kehidupan merupakan hal yang wajar karena mengikuti perkembangan usia anak.

  1. Film kartun The Lion King
Ilustrasi Film The Lion King
Ilustrasi Film The Lion King (Foto: liputan6.com)

Berkisah tentang seekor singa jantan bernama Simba. Simba mempunyai  ambisi untuk kembali merebut tahta ayahnya sebagai raja hutan. Berlatar kehidupan di hutan dimana Simba harus terusir dari kerajaan ayahnya sendiri karena kelicikan pamannya. Tekat Simba untuk merebut kerajaan membuat dirinya menjadi seekor singa yang kuat dan gagah sehingga pantas  untuk menjadi raja.

Pesan dari film ini adalah jika ingin sukses, tidak ada yang instan tetapi harus berjuang dari awal. Tentunya mama bisa memberikan pemahaman pada anak bahwa untuk mencapai cita-citanya maka haruslah bekerja keras seperti belajar dengan rajin.

  1. Film kartun Boonie Bears The Big Shrink
Ilustrasi Film Kartun Boonie Bears The Big Shrink
Ilustrasi Film Kartun Boonie Bears The Big Shrink (Foto: animationmagazine.net)

Kembali anak akan diajak untuk berimajinasi pada film kartun Boonie Bears The Big Shrink ini. Film ini berkisah tentang Vick seekor beruanh yang selalu dijahili oleh dua bersaudara beruang Briar dan Bramble. Kekesalan Vick terhadap keduanya membuat dirinya ingin melenyapkan Briar dan Bramble. Tetapi yang terjadi justru ketiganya terjebak pada mesin yang mengubah mereka menjadi kecil. Selanjutnya ketiganya harus bekerja sama untuk mengembalikan ke wujud semula.

Pertemanan memang akan banyak macamnya. Akan tetapi mempunyai teman yang beragam justru membuat hidup menjadi berwarna. Apalagi jika teman yang mengesalkan, suatu saat nanti akan dirundukan juga.

  1. Film kartun Abominable
Ilustrasi Film Kartun Abominable
Ilustrasi Film Kartun Abominable (Foto: id.bookmyshow.com)

Berlatarkan negeri Tiongkok , film kartun petualangan ini berkisah tentang mitos mahkluk salju bernama Yeti. Seorang anak bernama Yi merasakan kemonotonan di dalam kehidupannya dan tanpa sengaja sejak pertemuannya dengan Yeti jalan kehidupannya mengalami perubahan yang drastis. Petualangan mulai terjadi pada kehidupan Yi dimana dirinya bermaksud untuk mengembalikan Yeti ke tempat asalnya tanpa dimusuhi oleh manusia.

Petualan seru selalu mewarnai dalam film ini. Anak mama yang menontonnya pasti tidak akan bergeming dan mama juga pastinya akan penasaran apakah Yi berhasil membawa Yeti kembali ke negeri asalnya atau tidak. Tentunya tidak gampang menyerah membuat Yi berusaha untuk membawa Yeti kembali ke kampong halamannya.

Jadi, mama mau ajak buah hati nonton apa ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *