Bukan Hanya Untuk Menambah Nilai, Kapan Saat Yang Tepat Berikan Pelajaran Tambahan Untuk Anak

Bukan Hanya Untuk Menambah Nilai, Kapan Saat Yang Tepat Berikan Pelajaran Tambahan Untuk Anak

Kok nilai kamu segini? Kamu malas belajar ya!

Nah, sahabat biutimama pasti pernah bicara seperti itu sama anak ya. Jangan panik ya mama, karena memang ada beberapa kondisi anak yang membuatnya terhambat dalam menerima pembelajaran di sekolah sehingga anak memang agak tertinggal  menerima pembelajaran akademik  dibandingkan dengan anak lainnya.

Anak tertinggal dalam pelajaran belum tentu anak mama malas atau tidak pintar ya karena bisa jadi ada faktor lain yang memepengaruhi anak mama untuk menangkap pelajaran. Pada anak yang sulit menerima pelajaran bisa jadi karena ada masalah yang mempengaruhi kemampuan otak anak dalam menerima, mengolah, menganalisa maupun untuk menyimpan informasi. Hal-hal inilah yang menjadi penyebab anak mengalami kendala dalam bidang akademiknya.

Terjadinya anak agak susah menerima pelajaran bisa dikarenakan saat mama mengandung sempat terjadi gangguan sehingga perkembangan otak menjadi terganggu, seperti :

  • Mama sempat mengalami komplikasi saat menjalani kehamilan.
  • Saat mama hendak melahirkan mama mengalami kendala sehingga asupan oksigen ke otak bayi tidak lancar sehingga otak akan mengalami gangguan.
  • Anak mama pernah mengalami sakit keras seperti meningitis dan sebagainya.

Memang hingga saat ini para ahli belum bisa menemukan secara jelas dengan pasti faktor apa yang menjadi penyebab mengapa anak menjadi susah untuk menerima pembelajaran di sekolah. Akan tetapi mam, secara umum ada beberapa jenis gangguanbelajar yang anak mama alami.

Gangguan Pada Kemampuan Membaca

Saat ini memang anak usia SD sudah wajib untuk bisa membaca dan kemampuan membaca ini menjadi salah satu kendala umum yang sering dialami oleh anak. Pada anak yang mengalami kendala pada kemampuan membaca hal ini disebabkan karena mengalami kesulitan untuk bisa membayangkan huruf dan merangkainya.

Gangguan Pada Kemampuan Berhitung

Terjadinya kesulitan untuk melakukan perhitungan sederhana pada anak di pelajaran matematika secara medis dikenal dengan nama diskalkulia yaitu  ketidakmampuan seorang anak dalam melakukan perhitungan. Dalam hal ini anak memang akan mengalami kesulitan dalam mengenal dan merangkai angka sehingga otomatis akan mengalami kesulitan untuk melakukan perhitungan.

Gangguan Pada Kemampuan Menulis

Gangguan ini agak mirip dengan kemampuan menulis, hanya saja anak mama akan mengalami kendala dalam merangkai huruf-huruf menjadi kata atau kalimat. Kalaupun anak mama bisa menulis maka ada kemungkinan anak mama bisa menulis tetapi agak susah untuk di baca. Bahkan bisa juga anak akan kesulitan menggunakan alat tulis.

Mama, memang gangguan-gangguan di atas tadi akan mempengaruhi anak untuk menerima pembelajaran di sekolah. Tetapi itu semua bisa diatasi kok, mama bisa membantu kesulitan anak dengan memberikan program tambahan belajar pada anak. Tapi mam, sebaiknya mama jika memang mengikutkan anak program pelajaran tambahan sebaiknya jangan menuntut anak untuk menjadi rangking satu ya…akan tetapi lebih kepada agar secara umum kemampuan anak untuk menerima materi pembelajaran menjadi setara dengan teman-temannya.

Saat Tepat Ikut Pelajaran Tambahan Untuk Anak

Agar mendapatkan nilai 100 bukanlah tujuan utama anak mengikuti pelajaran tambahan. Terpenting saat mama mengikutikan anak untuk pelajaran tambahan salah satunya adalah agar anak bisa lebih mantap untuk mengerti dan memahami  materi pelajaran di sekolah sehingga anak bisa menjadi lebih percaya diri.

Yuk mama diperhatikan, inilah manfaat mengikuti program pelajaran tambahan untuk anak agar mama bisa lebih memahaminya…

  1. Anak Menyadari dan Memahami Kekurangannya
Ilustrasi Anak mengikuti pelajaran tambahan
Ilustrasi Anak mengikuti pelajaran tambahan (dailymail.co.uk)

Memang akan lebih nyaman kalau anak yang mempunyai keinginan untuk mengikuti program pelajaran tambahan. Ini artinya anak menyadari dan mehami kekurangannya dalam materi pelajaran tertentu. Anak yang memang menyadari kekurangannya dalam menyerap materi pelajaran di sekolah tentunya akan menjalani program pelajaran tambahan dengan tanpa beban. Nah, mama harus bangga memiliki anak dengan karakter ini loh…

  1. Anak Merasa Lebih Dekat Dengan Gurunya
Ilustrasi anak merasa dekat dengan gurunya
Ilustrasi anak merasa dekat dengan gurunya (Foto: painterandassociates.com)

Kondisi di kelas dengan beberapa puluh murid tentunya akan berbeda jika  belajar tambahan di rumah. Seorang guru tentunya harus membagi perhatiannya untuk murid-murid lainnya sehingga mungkin saja guru tidak bisa fokus pada kemampuan muridnya one by one. Mengikuti pelajaran tambahan tentunya akan membuat guru menjadi lebih fokus untuk melihat dan memantau kemajuan anak dalam menerima materi pelajaran selain itu otomatis anak akan merasa lebih nyaman dengan gurunya.

  1. Anak Fokus Pada Materi Yang Mengalami Kendala
Ilustrasi Anak Fokus Pada Materi Pelajaran Yang Masih Terkendala
Ilustrasi Anak Fokus Pada Materi Pelajaran Yang Masih Terkendala (foto: theguardian.com)

Memberikan program tambahan pada anak sebaiknya memang terfokus pada materi pembelajaran di sekolah yang memang kurang dipahami oleh anak. Kebanyakan materi pembelajaran yang sering menjadi kendala adalah seperti matematika atau ilmu eksak yang memang membutuhkan pemahaman dan latihan lebih kontinyu sehingga anak menjadi lebih terbiasa untuk mengerjakan soal-soal.

  1. Anak Menjadi Lebih Terampil Dengan Bidang Yang Diminati
Ilustrasi Anak Terampil dalam Bidang yang diminatinya
Ilustrasi Anak Terampil dalam Bidang yang diminatinya (foto: freepik)

Ada anak yang memang mempunyai bakat tertentu. Agar bakat anak bisa terus terasah maka mama bisa memberikan pelajaran tambahan pada anak. Anak yang mempunyai bakat di bidang bahasa asing tetapi tidak cukup mendapatkan porsi pembelajaran bahasa asing  di sekolah sebaiknya mama berikan pelajaran tambahan agar anak menjadi lebih terampil dalam berbicara dengan bahasa asing yang dikuasainya, misal Bahasa Inggris.

  1. Anak Menjadi Lebih Percaya Diri Di Kelas
Anak Percaya Diri di Sekolah
Ilustrasi Anak Percaya Diri di Sekolah (foto: freepik)

Khusus untuk yang ini, program pelajaran tambahan memang bisa memberikan efek pada peningkatan nilai pelajaran anak mama di sekolah. Sebetulnya jika anak dapat dengan baik mengikuti pembelajaran di kelas maka anak tentunya akan lebih percaya diri. Memang memberikan pelajaran tambahan pada anak akan membuat anak lebih mudah untuk mengerjakan materi pelajaran di kelas.

Mama, memberikan program pelajaran tambahan untuk anak selain memang akan menunjang nilai akademik anak di sekolah juga membuat anak dapat menggunakan waktu luangnya pada hal-hal yang positif dan membuat anak menjadi pribadi yang dapat disiplin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *