Anak Suka Main Youtube? Gimana Sih Caranya Memfilter Agar Anak Tidak Buka Situs-situs Dewasa Tanpa Harus Katakan ‘Jangan’

Anak Suka Main Youtube? Gimana Sih Caranya Memfilter Agar Anak Tidak Buka Situs-situs Dewasa Tanpa Harus Katakan ‘Jangan’

Sekarang ini memang anak-anak seperti keranjingan pengen menjadi yuotuber karena banyak melihat contoh artis-arti yang bisa menghasilkan uang dengan hanya menjadi seorang youtuber saja. Demi untuk menjadi seperti itu banyak anak berangan-angan sehingga anak-anak menjadi lebih sering untuk membuka channel youtube biar bisa melihat contoh-contoh sekaligus bisa melihat yang seharusnya belum boleh anak-anak lihat.

Padahal, channel youtube ini jika difungsikan dengan benar dapat menjadi media promosi yang tentunya akan bermanfaat bagi yang melihatnya. Akan tetapi, tidak sedikit juga orang-orang yang tidak bertanggung jawab menayangkan hal-hal yang tidak baik untuk di lihat melalui youtube. Inilah tantangan mama, jangan sampai buah hati mama menjadi keranjingan membuka channel  youtube tetapi yang dibuka hal-hal yang belum pantas untuk dilihatnya.

Efek Negatif Anak Melihat Situs Dewasa

Oleh mereka yang tidak bertanggung jawab, membuat content dewasa lalu disebarkan tidak membuat mereka terbebani, padahal  bisa saja ditonton oleh anak-anak. Jadi, mama harus waspada ya jika memang memperbolehkan anak untuk menggunakan handphone. Tentunya mama tidak ingin anak menjadi kecanduan melihat situs dewasa karena akan berakibat negatif bagi perkembangan psikologi mereka lho..

Mama, inilah efek negatifnya..

Efek negatif anak Menonton film dewasa
Efek negatif anak Menonton film dewasa (foto: pinterest)
  1. Anak bisa susah untuk fokus

Mama, kalau anak sering secara diam-diam membuka situs dewasa tentunya mereka akan selalu mempunyai keinginan untuk ingin lagi dan ingin lagi untuk membuka situs dewasa ini. Perilaku ini bisa mengakibatkan anak untuk menjadi susah fokus pada satu kegiatan yang sifatnya positif, misalkan belajar di sekolah, menghafal pelajaran, bahkan untuk duduk diam menyelesaikan makan bersama di meja makan dengan keluarga anak menjadi tidak bisa fokus karena selalu merasa gelisah ingin segera membuka situs dewasanya.

  1. Kenal sex sebelum waktu

Mengenalkan pendidikan sex pada anak memang penting dan menjadi tugas mama ya karena akan lebih baik kalau mama yang mengajarkannya sebagai awal. Mengajarkan anak tentang sex juga ada tahapannya ya dan disesuaikan dengan usia anak. Nah, kalau anak sudah suka membuak situs dewasa secara diam-diam, pastinya akan banyak hal yang akan anal lihat sebelum waktunya.

  1. Menurunnya fungsi organ otak

Kewajiban anak yang utama adalah belajar tanpa diganggu pemikiran yang lain-lain. Anak yang mempunyai kesenangan membuka situs dewasa akan rusak fungsi otaknya tetapi akan sulit di deteksi. Anak dengan otak yang cerdas dapat menurun kecerdasannya walaupun pada awalnya anak tidak sengaja membuka situs dewasa tersebut.

  1. Menjadi lebih senang menyendiri untuk mengkhayal

Anak yang mulai menyukai membuka situs dewasa akan mengalami perubahan perilaku. Bisa saja anak yang awalnya mempunyai sifat ceria dan senang berteman akan tiba-tiba akan menjadi anak yang pendiam dan lebih senang menyendiri di dalam kamar. Bagi anak, dengan menyendiri mereka dapat berselancar secara bebas alias mengkhayal untuk hal-hal yang sebenarnya belum boleh mereka lakukan.

Wah mama, tentunya nggak pengen ya anak-anak menjadi seperti di atas. Hanya karena suka mebuka channel youtube berkonten dewasa anak akan kehilangan kebahagiaan serta keceriaannya sebagai anak. Mama jangan langsung ekstrim ya untuk melarang anak membuka youtube karena justru akan membuat anak menjadi sembunyi-sembunyi melakukannya.

Mendampingin anak saat menonton Youtube
Mendampingin anak saat menonton Youtube (foto: pinterest)

Mama bisa melakukan beberapa cara ini lho tanpa harus mengatakan ‘jangan’.

  1. Blokir secara halus

Mama, biar tidak was-was mama bisa melakukan pemblokiran secara halus. Maksudnya biar anak merasa tidak langsung mama larang. Pemblokiran secara halus ini memang berhubungan dengan beredarnya beberapa jenis program yang bisa digunakan untuk memblokir konten-konten yang berbau dewasa agar tidak bisa dibuka oleh anak dan anak juga biasanya akan mengira bahwa tidak bisa dibuka karena masalah jaringan saja. Beberapa program yang bisa mama akses adalah pemblokiran melalui Mozilla / Chrome, SafeSearch Google, DNS Nawala Project, juga bisa langsung melalui program youtubenya sendiri yang ada pada hanphone dan PC, mencari aplikasi blokir yang tersedia di Play Store

  1. Menggunakan password untuk akses juga

Kalau anak memang belum diberikan handphone pribadi, bisa saja anak akan meminjam handphone mama ya…Sebaiknya handphone mama dan akses WIFI di rumah diberikan nomor rahasia yang anak tidak perlu mengetahuinya sehingga kalau ingin menggunakannya anak harus bertanya pada mama.  Fungsi password ini sebagai pengawasan mama secara tidak langsung pada anak dalam menggunakan handphone dan WIFI.

  1. Ajak nonton film

Daripada anak sembunyi-sembunyi membuka program Youtube dewasa, sekalian saja mama ajak anak untuk menonton film. Menonton film disini maksudnya adalah film dengan tema percintaan remaja, saat ada adegan yang masih wajar mama bisa langsung menjelaskan bahwa hal seperti itu belum boleh atau belum pantas dilakukan oleh anak tetapi satu saat aka nada masanya boleh melakukannya saat dewasa. Misalkan mama bisa mengajak anak nonton film Dilan, mama harus ada waktu untuk menemani anak menonton film apapun temanya dibandingkan anak menonton bersama teman-temannya saja tanpa ada yang bisa memberikan penjelasan. Film sekarang yang beredar walaupun untuk semua umur tetap akan ada adegan dewasanya juga !

  1. Cerita tentang mama di masa lalu

Pastinya saat usia mama kecil channel Youtube belumlah terlalu memasyarakat sehingga mudah diakses karena teknologi jaman mama belum secanggih sekarang. Ceritakanlah tentang pengalaman masa lalu yang tanpa Youtube mama juga bisa menjadi orangtua yang baik. Tanpa Youtube dapat menyelesaikan sekolah dengan lancar dan mempunyai pekerjaan yang bagus. Jadi, anak bisa berkurang keinginannya untuk ber Youtube ria.

  1. Selalu disampingnya

Saat anak sudah mulai memegang handphone mama langsung ada disebelahnya. Kalau anak merasa tidak nyaman atau rishi atau bahkan langsung masuk ke kamar maka ada kemungkinan  anak akan membuka channel Youtube berkonten dewasa. Jadi, agar anak tidak terlanjur membuka konten dewasa mama bisa langsung ada disampingnya untuk sekedar menanyakan sesuatu atau menyuruh anak melakukan sesuatu sehingga anak menjadi gagal untuk membukanya.

Demi kebaikan anak-anak mama, mama harus sabar dan jangan menyerah ya untuk menggagalkan anak membuka Youtube berkonten dewasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *