Anak Saya Kok Susah Banget Kalo dikasih Makan Sayur ya? Ini Dia 5 Menu Masakan Enak Buat Anak Tetapi Tetap Sehat

Anak Saya Kok Susah Banget Kalo dikasih Makan Sayur ya? Ini Dia 5 Menu Masakan Enak Buat Anak Tetapi Tetap Sehat

Kebanyakan anak memang susah untuk makan sayur, padahal sayur itu merupakan makanan yang sehat. Bahkan tak jarang jika anak-anak lebih senang jajan ketimbang makan sayur. Sayur itu identik dengan pahit, maka dari itu anak-anak sering menolak jika dikasih makan sayur. Faktanya tak semua sayur itu pahit loh!

Anak mamasusah makan sayur? mama harus lebih kreatif lagi dalam memasak dan menciptakan makanan-makanan yang enak dengan bentuk yang menarik namun tetap terbuat dari bahan sayuran. Bingung mau buat makanan apa agar anakmu bisa makan sayur? Simak ulasan berikut ini!

5 Menu  Masakan Sayuran Enak  untuk Anak

  1. Nugget Sayur
Nugget Sayur
Nugget Sayur, foto: dapurkobe.co.id

Pada umumnya semua anak-anak pasti menyukai nugget, karena rasanya yang  enak dan gurih. Nah, tidak ada  salahnya jika mamamembuat nugget sayur untuk makanan anakmu. mama bisa membuat nugget dengan bahan campuran sayuran seperti halnya mencampurkan daging ayam dengan bunga kol. Tujuannya agar anakmu  suka memakan sayur. Tak hanya bunga kol saja, mama juga bisa mencampurkan daging ayam dengan wortel dan bayam didalamnya. Dijamin si anak pasti lahap memakan nugget  sayur tersebut.

  1. Mie Bayam
mie bayam
mie bayam, foto: tokopedia

Semua anak-anak menyukai mie, nah, mama harus lebih kreatif lagi dalam hal ini. Jika anakmu suka memakan mie goreng atau mie rebus dalam arti itu adalah mie instan, maka mama bisa mengolahnya menjadi mie yang terbuat dari sayuran. Contohnya seperti mie bayam, dari pada anakmu memakai mie instan lebih  baik mie bayam.

Cara membuat mie bayam inipun cukup mudah, mama hanya harus menghaluskan daun bayam, kemudian campurkan dengan tepung sagu dan terigu serta telur menjadi satu. Setelah itu adonannya diuleni sampai halus dan pipihkan, jika sudah potong-potong dengan bentuk memanjang. Mie bayam  ini dapat mama jadikan sebagai santapan yang lebih berfariasi seperti mie ayam, mie goreng, dan yang lainnya.

  1. Otak-otak Sayur
Otak-otak Sayur
Otak-otak Sayur, foto: resepkoki.id

Seperti yang kita ketahui bahwa otak-otak memiliki bentuk yang unik dan menarik. Biasanya, anak-anak paling suka makanan-makanan yang berentuk unik dan menarik  karena rasa penasarannya. Nah, jika mama ingin memberikan si anak sayur kedalam makanannya maka mama bisa membuat otak-otak sayur.

Cara membuat  otak-otak sayur ini juga  terkesan gampang. Adonannya terdiri dari tepung sagu,  ikan tenggiri, putih  telur, yang kemudian di campurkan buncis dan wortel kedalam nya setelah itu tambahkan merica  dan garam sebagai penyedap rasa. Agar nutrisi  yang terkandung didalam sayuran masih tetap terjaga, maka mamabisa memasak otak-otak ini dengan cara mengkukusnya denngan daunn pisang. Otak-otak  sayur ini  bisa  dijadikan  sebagai bekal anak  atau bisa menjadi  cemilan saja., makanan dengan olahan sayur  ini pasti akan dimakan oleh  anakmu karena bentuknya yang unik dan terkesan jauh dari kata sayur  padahal faktanya 50% bahannya ialah sayur.

  1. Telur isi sayur
Telur isi sayur
Telur isi sayur, foto: resepkoki.co

Makanan selanjutnya yang bisa dicampurkan dengan sayur ialah telur. Telur dadar yang dicampurkan dengan sayur juga bisa menjadi alternatif untuk  anakmu yang malas makan sayur. Dibalik rasa telur  yang memang enak,  mamabisa menyelipkan wortel dan kentang  didalamnnya kemudian masak  dengan cara mendadar telurnya.

  1. Keripik Bayam
Keripik Bayam
Keripik Bayam, foto: tokopedia

Lagi-lagi makanan yang terbuat dari bayam, mama bisa mengolah bayam dengan cara mengkripiknya loh. Umummnya  anak-anak  pasti suka dengan kripik, nah  tak  ada salahnya mama mencoba untuk membuat keripik bayam. Rasa  dari kripik bayam ini sama seperti keripik-keripik lainnya tidak  akann terasa sayurnya.

Itu dia 5 makanan sehat  yang terbuat dari  sayur-sayuran yang cocok untuk si  anak yang tidak mau memakan sayur sama sekali.  5  makanan di atas  itu merupakan makanan yang berbentuk unik dan bisa menarik perhatian  si anak untuk memakannya  dengan lahap. Selamat mencoba  bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *