7 Tips Meniti Karir bagi Sahabat Biutiama yang Masih Terkendala Ngurus Anak

7 Tips Meniti Karir bagi Sahabat Biutiama yang Masih Terkendala Ngurus Anak

Sahabat Biutimama, pasti banyak ya dari kita yang masih bingung antara meniti karir atau anak karena keduanya adalah hal yang penting. Namun, sebenarnya mama tidak perlu terlalu pusing memilih lho karena keduanya bisa berjalan bersamaan.

Meskipun menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang cukup berat dan membutuhkan tenaga ekstra, tapi nyatanya banyak lho mama-mama yang sukses dalam mengurus pekerjaan dan sekaligus mengurus anak. Nah, jika mama masih bingung bagaimana sih cara yang tepat untuk meniti karir sekaligus tidak mengabaikan pekerjaan mengurus anak, berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa mama praktekkan.

  1. Mama harus belajar memainkan ‘peran ganda’

Banyak ibu rumah tangga sebenarnya sangat mampu menjalankan peran ganda sebagai seorang wanita karir karena terdesak oleh kebutuhan. Sebagai contoh adalah ketika keuangan di keluarga tidak mencukupi ketika hanya ditopang oleh suami. Contoh lain adalah ketika ada mama diluar sana yang harus berpisah dengan suami sehingga mau tidak mau mama-lah yang menjadi tulang punggung untuk mencukupi kebutuhan keluarga, terutama anak.

Untuk menjalankan peran ganda ini, maka bisa mencurahkan sepenuhnya perhatian untuk mengurus rumah dan anak ketika berada dirumah. Di lain sisi, ketika mama sedang ada di kantor atau mengurusi masalah pekerjaan, maka fokuslah pada pekerjaan yang sedang mama jalani. Dengan cara ini, maka mama dapat lebih mudah menyelesaikan tugas rumah dan kantor secara lebih baik dan efektif baik secara waktu, tenaga, dan pikiran.

  1. Ini juga penting, mama juga harus pandai mengatur waktu

Meskipun terlihat sedikit ribet dan banyak orang yang tidak menjalankannya, namun menyusun jadwal yang harmonis di dalam keluarga juga penting. Misalnya saja mama bisa membuat jadwal pada hari hari apa mama tidak bisa mengantar anak les atau pergi menjalankan aktivitasnya karena urusan pekerjaan. Nah, pada waktu waktu itulah sang suami mungkin bisa menggantikan peran mama sehingga hubungan antar anggota keluarga pun akan lebih harmonis. Untuk menjalankan jadwal juga dibutuhkan komitmen bersama untuk mematuhi jadwal yang telah dibuat serta dibutuhkan kerjasama yang  baik antara mama dan anggota keluarga yang lainnya.

  1. Meminta Dukungan Keluarga

Meniti karir mama di tempat kerja memang tidak mudah dan ini sama sulitnya dengan menjaid seorang ibu rumah tangga yang ideal dalam keluarga. Karena itulah, mama bisa meminta dukungan dari suami, anak-anak, dan anggota keluarga lainnya. cobalah untuk terbuka terhadap seluruh anggota keluarga sehingga mereka pun bisa memahami segala aktivitas dan kesibukan mama dalam menjalankan pekerjaan. Tahukah mama, dukungan dari keluarga sangat penting sehigga aktivitas mama tak akan terhambat karena beragam masalah yang harus ditangani sendiri.

  1. Membuat Waktu Khusus untuk Quality Time bersama Keluarga

Mama pasti hampir setiap hari selalu bekerja, terutama jika mama bekerja di kantor. Oleh karena itulah, mungkin banyak waktu mama yang dihabiskan di luar rumah. Sangat penting membuat waktu khusus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Misalnya ketika akhir pekan. Usahakan untuk tidak membawa urusan pekerjaan di rumah dan habiskan lebih banyak waktu bersama keluarga mama. Mama bisa menyusun aktivitas yang menyenangkan seperti memasak bersama, menonton film bersama, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan lainnya.

  1. Fleksibilitas dalam Menyelesaikan masalah rumah tangga

Ini adalah salah satu tips unik yang wajib untuk mama coba. Sebaiknya, maka tidak membuat aturan yang kaku tentang pekerjaan dalam rumah tangga. Contohnya seperti istri yang harus memasak, sedangkan suami harus mengantar anak ke sekolah. Memang fakta bahwa membagi pekerjaan rumah tangga haruslah adil. Namun, akan lebih baik jika segalanya dibuat secara fleksibel. Sebagai contoh, suami sesekali dapat mempersiapkan makanan misalnya suami bisa memasak atau membeli makanan di luar dan mama bisa mengantarkan anak ke sekolah ketika memang harus dan perlu. Fleksibilitas sangat penting karena mama dan suami sama sama bekerja. Oleh karena itu, apabila aturan dibuat kaku dan terpatok pada hal-hal yang baku maka semua akan menghambat karir mama dan suami.

  1. Jangan Mudah Cemburu ya Mama…

menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga pasti akan membuat mama memiliki aktivitas yang padat, baik di rumah maupun di tempat mama bekerja. Nah, jika mama suatu saat harus pulang malam karena lembur pekerjaan, maka jangan lupa untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan suami. Mama bisa menjelaskan aktivitas apa saja yang mama lakukan di kantor sehingga tidak akan ada rasa curiga. Bahkan, mama bisa pula meminta suami untuk menjemput mama di tempat kerja jika memang suami mama juga mau.

  1. Mempersiapkan Rencana untuk Hal – Hal yang Tak Terduga

Pasti ada waktu dimana masalah yang ada di rumah datang bersamaan dengan tugas mama yang ada di kantor atau tugas tugas pekerjaan. Misalnya saja ketika anak mama sakit dan pengasuh yang ternyata tak bisa masuk. Hal ini akan membuat anak tidak ada yang menjaga padahal tugas pekerjaan mama mungkin sudah deadline. Nah, agar masalah karir dan rumah tangga dapat dikompromi dengan baik, maka mama bisa mengutarakan masalah seperti diatas kepada atasan agar atasan pun dapat memahami kesulitan yang mama hadapi.

Semoga tips tersebut bermanfaat ya mama karena karir dan urusan anak adalah hal yang sama sama penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *