7 Hal Pantangan Mistik Ibu Hamil yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang, Sahabat biutimama juga percaya nggak?   

7 Hal Pantangan Mistik Ibu Hamil yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang, Sahabat biutimama juga percaya nggak?  

Sahabat biutimama sedang hamil? Wahh selamat ya.. Bagi mama yang sedang hamil atau sudah pernah hamil dantinggal di daerah yang jauh dari perkotaan, pasti pernah mendengar tentang mitos atau pantangan mistik tentang ibu hamil.

Meskipun belum terbukti kebenarannya, pantangan ini faktanya juga masih banyak dipercaya oleh banyak ibu hamil lho. Biasanya, pantangan ini sangat lekat dengan budaya Jawa atau bahkan budaya lain yang ada di Indonesia.

Kira-kira apa saja ya pantangan mistik tentang ibu hamil yang masih banyak dipercaya hingga sekarang?

  1. Merendam pakaian kotor terlalu lama akan membuat kaki menjadi bengkak

Apa mama pernah mendengar pantangan yang satu ini? Pantangan untuk merendam pakaian kotor terlalu lama ini sangat sering didengar di pulau Jawa. Menurut mitos, apabila ibu hamil merendam pakaian kotor terlalu lama, maka kakinya akan menjadi bengkak.

Meskipun belum bisa dibuktikan kebenarannya, namun masih banyak juga yang mempercayai pantangan ini. padahal, bengkak di kaki ibu hamil adalah salah satu hal yang wajar mengingat beban janin yang dikandung oleh ibu hamil pasti lama kelamaan akan membesar dan menambah beban tumpuan di area kaki.

  1. Ibu Hamil dilarang menjahit

Nah lho, mama yang sedang hamil bener gak sih dilarang menjahit? Ada beberapa pantangan tentang ini lho mama menurut mitos kehamilan yang beredar. Katanya sih, ibu hamil yang menjahit akan menyebabkan bayi yang dikandungnya lahir dengan anggota badan yang tidak lengkap. Duh..

Lagi-lagi ya mama, larangan ini sebenarnya belum bisa dibuktikan secara pasti jadi mama boleh percaya boleh tidak ya. yang penting, jangan sampai hal ini mempengaruhi pikiran mama dan membuat mama menjadi stress.

  1. Jangan meletakkan handuk di leher

Mama pernah dilarang untuk meletakkan handuk di bagian leher ketika hamil? Menurut mitos, hal ini bisa membuat bayi yang dikandung nantinya akan terlilit tali pusar. Pantangan ini mungkin cukup sulit untuk dilakukan ya mengingat beberapa mama memang sudah terbiasa meletakkan handuk di leher ketika akan mandi atau setelah mandi.

Mama, sebenarnya penyebab bayi terlilit tali pusar adalah karena bayi yang terlalu aktif di dalam kandungan. Jadi, kini mama sudah tahu ya penyebab bayi yang berpeluang terlilit tali pusarnya sendiri.

  1. Ibu Hamil tak boleh keluar di Malam Hari

Pantangan seperti ini juga sering kita dengar ya mama? Banyak orang melarang ibu hamil untuk keluar di waktu maghrib dan setelahnya atau di malam hari. Beberapa orang mengatakan bahwa jika ibu hamil keluar di malam hari maka hal ini akan menyebabkan banyak roh jahat yang menggangu janin yang sedang dikandung.

Sebenarnya, benar atau tidaknya ini alangkah baiknya kita ambil sisi positifnya aja ya mama. Kalau mama punya waktu luang di malam hari, alangkah baiknya mama gunakan untuk istirahat. Terlebih lagi jika kandungan mama sudah mulai membesar. Keluar malam juga bisa memberikan beberapa dampak yang tidak baik untuk mama seperti misalnya mama akan terlalu banyak menghirup CO2 atau karbondioksida, udara dingin yang bisa membuat mama sakit, dan lain sebagainya.

  1. Mama yang sedang hamil, jangan duduk di tengah-tengah pintu

Untuk mama yang tinggal di pulau Jawa pasti sudah banyak mendengar pantangan ini. jika mama mungkin duduk di tengah pintu maka beberapa orang yang lebih tua pasti akan mengingatkan agar mama tak duduk disana karena bisa membuat persalinan menjadi lebih sulit nantinya.

Karena inilah, banyak mama yang kemudian merasa takut dan menghindari duduk di dekat pintu. Sebenarnya mama boleh percaya boleh juga tidak. Namun, kita ambil sisi positifnya saja ya ma. Duduk di tengah tengah pintu akan membuat mama menghalangi jalan orang lain dan bisa jadi mama akan mengalami sedikit kecelakaan karena beberapa orang yang tak menyadari keberadaan mama disana.

  1. Mama juga dilarang membakar popok bayi, bungkus sabun, dan tissue

Percaya tidak percaya, pantangan ini masih dipercaya hingga sekarang lho mama. Katanya sih, ibu yang sedang hamil atau baru saja melahirkan dilarang untuk membakar popok bayi sekali pakai dan beberapa perlengkapan bayi lain seperti bungkus sabun dan tissue.

Loh, kenapa? Katanya, hal ini nantinya bisa menyebabkan kulit bayi mengalami ruam kemerahan. Selain ruam kemerahan, orang tua jaman dahulu juga percaya bahwa hal ini bisa membuat kulit bayi mengalami kondisi seperti telah terbakar.

Waduh.. serem juga ya mama? Meskipun ini hanya mitos dan belum terbukti benar kebenarannya, tak ada salahnya juga kita mematuhi pantangan ini ya ma. Ya, anggap saja kita ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan cara mengurangi polusi udara.

  1. Suami jangan sampai memancing atau menyakiti hewan ketika istri hamil

Nah, pantangan yang satu ini bisa dibilang yang paling populer dan rasanya sih hampir semua wilayah di Indonesia memilikinya ya ma. Suami dilarang untuk memancing atau menyakiti hewan apapun ketika istri hamil karena nantinya sang anak akan meniru rupa dari binatang yang disakiti tersebut. Atau, intinya bayilah yang nantinya akan mendapatkan dampak buruk dari hal ini. Mitos atau fakta, memang sebaiknya kita tidak menyakiti hewan ya ma. Tak ada salahnya juga suami yang hobi memancing untuk sedikit mengalah dan mengikuti pantangan ini demi kebaikan bersama.

Yang paling penting adalah, mama jangan sampai stress karena pantangan diatas ya. jangan lupa untuk berdoa dan meminta kepada Tuhan agar mama dan calon bayi mama selalu sehat dan diberi kelancaran hingga melahirkan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *