5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mempercayakan Antar Jemput Anak Sekolah Dengan Ojek Online

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mempercayakan Antar Jemput Anak Sekolah Dengan Ojek Online

Jarak antara sekolah dengan rumah yang jauh sekarang ini sudah bukan suatu hambatan untuk menyekolahkan anak di sekolah pilihan. Biasanya hambatan utama dalam urusan sekolah adalah karena antar jemput yang banyak menjadi pertimbangan. Kalau antar jemput sendiri maka mama harus mempunyai waktu ekstra yang tetap sesuai dengan jam masuk dan pulang sekolahnya.

Tetapi saat ini sepertinya mama tetap bisa melakukan aktifitasnya tanpa terputus kegiatannya karena harus menjemput anak di sekolah yaitu dengan menggunakan ojek online. Saat ini memang sudah beredar beberapa perusahaan aplikasi ojek online. Nah, mama bisa menggunakan jasa ojek online untuk mengantar dan menjemput anak ke dan dari sekolah

Keunggulan jika mama menggunakan ojek online untuk antar dan jemput anak sekolah, seperti :

  • Mama bisa menghemat waktu dan tenaga

Gini mama, memang menggunakan kendaraan umum untuk mengantar anak sekolah akan lebih murah secara biayanya. Tetapa mama, kalau anak naik angkutan umum mama harus mempertimbangkan jam keberangkatan anak ke sekolah, mulai dari bangunnya sampai nanti jam berapa anak akan sampai kembali ke rumah. Padahal anak setelah selesai sekolah akan membutuhkan waktu istirahat yang cukup, memang anak bisa tidur di dalam angkutan umum tapi tentunya anak akan merasa tidak nyaman ya…jadi naik ojek online mama bisa menghemat waktu dan tenaga mama juga anak lho..

  • Tidak perlu repot menyiapkan uang kecil

Salah satu kelemahan naik kendaraan umum adalah mama pastinya harus mempunyai uang receh karena kalau mama membayar dengan uang besar bapak supir angkot biasanya akan beralasan belum ada kembalian karena masih pagi. Nah, kalau mama menggunakan ojek online mama bisa membayar langsung menggunakan non-tunai pada sistem aplikasinya dan tidak membuat anak menjadi repot saat turun di sekolah harus membayar terlebih dahulu.

  • Memanfaatkan voucher diskon

Wah, ini pasti mama paling suka ya…Ada beberapa aplikasi ojek online yang kalau mama menggunakan secara rutin, maka mama justru akan mendapatkan hadiah voucher untuk potongan lho. Jadi mama jangan kaget kalau suatu saat saat order untuk anak berangkat sekolah mama mendapatkan ongkos yang lebih murah dari biasanya.

  • Terawasi melalui map

Sistem aplikasi yang ada di dalam ojek online akan selalu di lengkapi dengan tools sebagai pengamanan untuk pemakainya. Kalau mama menggunakan ojek online untuk mengantarkan anak sekolah maka mama akan mengetahui posisi  dan menerima laporan saat anak sudah sampai ke sekolah tujuan. Jadi dengan begitu mama akan merasa lebih tenang ya.

  • Nggak perlu takut nggak dapat driver

Semakin hari pengguna ojek online memang semakin meningkat sehingga semakin banyak yang melamar untuk menjadi driver ojek online. Mama tidak perlu takut tidak mendapatkan driver untuk mengantar anak ke sekolah karena ojek online ini keberadaannya sudah semakin menyebar dan merata ke berbagai daerah. Pastinya saat mama order ojek online, nggak sampai 5 menit mama pasti sudah dapat dirivernya.

Walaupun menggunakan ojek online ini dapat mempermudah mama, akan tetapi mama tetap harus waspada ya jika melepaskan anak sekolah menggunakan ojek online. Mama harus bisa memastikan anak bisa selamat hingga ke sekolahnya tanpa ada kurang satu apapun. Driver ojek online memang erdaftar secara resmi pada perusahaan akan tetapi kewaspadaan harus tetap terjaga dari driver ojek online yang nakal dan tidak bertanggung jawab.

Biar perasaan mama menjadi tenang melepaskan anak, ada beberapa hal yang harus mama cermati saat driver datang menjemput ya…

  1. Memastikan wajah driver di aplikasi sama dengan yang datang
Ilustrasi Wajah Sesuai Di Aplikasi
Ilustrasi Wajah Sesuai Di Aplikasi (Foto: help.grab.com)

Saat ojek online tiba, mama pertama kali harus memastikan wajah driver yang datang sesuai dengan yang ada di dalam aplikasi. Mintahlah driver untuk melepaskan helmnya untuk memastikan wajahnya. Jika ternyata wajahnya tidak sesuai dengan yang ada di aplikasi demi keamanan anak sebaiknya mama cancel saja orderannya dan ucapkan maaf. Setelah itu mama harus melaporkan kejadian ini ke perusahaan karena berarti ada driver yang nakal.

  1. Memastikan plat nomor dan jenis kendaraan sama dengan yang terdaftar di aplikasi

Ada lho mama, tiba-tiba yang datang drivernya menggunakan jenis  kendaraan dan plat nomor yang berbeda. Harusnya jika terjadi perubahan kendaraan drivernya melapor ke perusahaannya karena hal ini bisa menjadi salah paham. Akan tetapi, bila wajah driver tetap sama itu masih bisa dimaklumi tetapi mama harus memfoto plat nomor kendaraannya beserta tipe motornya ya…

  1. Kirim screenshot ke pihak yang bersangkutan
Ilustrasi Screenshot Ojek Online
Ilustrasi Screenshot Ojek Online (Foto: inikebumen.net)

Sekarang ini pihak sekolah juga sangat konsentrasi terhadap keselamatan siswanya. Mama juga pastinya sudah saling bertukar nomor handphone dengan wali kelas anak di sekolah. Agar memastikan keamanan anak, mama juga mengirimkan screenshot ojek online yang membawa anak ke gurunya ya mama. Pasti guru tidak akan berkeberatan karena ini untuk keamanan anak muridnya juga.

  1. Bayar langsung atau non tunai
Ilustrasi Pembayaran Non Tunai
Ilustrasi Pembayaran Non Tunai (Foto: lifepal.co.id)

Demi keamanan anak sebaiknya mama bisa membayar ongkos ojek online di rumah saja dengan cash atau non tunai. Hal ini agar anak saat turun ojek online bisa langsung menuju ke kelasnya tanpa harus mengadakan transaksi pembayaran dengan drivernya. Karena jika mama tidak membekali dengan uang pas dan driver tidak punya kembalian maka anak harus menunggu kembaliannya saat driver mencari uang kembalian.

  1. Perhatikan atitute driver
Ilustrasi Pentingnya Atitute Driver Online
Ilustrasi Pentingnya Atitute Driver Online (Foto: mldspot.com)

Driver ojek online yang benar adalah yang mempunyai atitute yang baik karena berhubungan dengan keselamatan anak. Driver yang beratitute baik akan mengucapkan salam, mengemudikan motor tidak ugal-ugalan dan sebagainya. Agar mama mengetahui apakah driver beratitute yang baik maka mama harus sedikit berkomunikasi dengan driver, misalkan ‘pak, hati-hati di jalan ya’ atau ‘pak bawa motor jangan ngebut ya…’. Jika driver menjawab dengan baik dan sabar maka driver mempunyai atitute yang baik dan mama bisa deh memberikan bintang 5 buat drivernya.

Sekarang mama bisa lebih tenang ya untuk mempercayakan anak berangkat ke sekolah dengan menggunakan jasa ojek online tetapi waspada tetap perlu ya mama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *