10 Ide Kado Ulang Tahun Anak Kekinian, Yakin Bikin Anak Mama Seneng Banget

10 Ide Kado Ulang Tahun Anak Kekinian, Yakin Bikin Anak Mama Seneng Banget

Hi mama, si kecil sebentar lagi ulang tahun ya. Pastinya mama senang ya karena si kecil sudah bertambah lagi usianya, yang pasti tambah besar ya mama. Bertambahnya usia anak tentunya akan ada perubahan pula pada sikap dan perilakunya. Sebagai bentuk rasa bahagia dan syukur mama boleh kok memberikan kejutan untuk buah hati berupa sebuah kado.

Buah hati juga pastinya dengan suka cita menunggu kehadiran kado dari mama. Kado bagi seorang anak yang masih berusia SD adalah yang menyangkut dengan barang kesukaannya. Nah, inilah beberapa efek positif kalau mama memberikan kado untuk buah hati, seperti :

Sebagai bentuk penghargaan

Mama jika berniat memberikan kado untuk anak sebaiknya memang menyegerakannya ya karena kado merupakan bentuk penghargaan kepada anak. Selain sebagai penghargaan bahwa dirinya sudah semakin besar, kado juga bisa mama berikan jika anak sudah melakukan hal-hal istimewa, misalkan karena mendapat rangking di kelas atau sudah bisa membantu mama membersihkan tempat tidurnya dan masih banyak lagi alasan agar mama bisa memberikan kado.

Bisa untuk meningkatkan motivasi

Saat anak sudah meraih sebuah prestasi, mama bisa memberikan kado sebagai penyemangat biar anak tetap terus termotivasi agar dapat mempertahankan prestasinya. Nggak ada ruginya ya mama kalau anak bisa terus berprestasi karena adanya motivasi sebuah kado kecil dari mama.

Menumbuhkan semangat bersaing sehat

Saat mama memberikan kado untuk anak berarti mama turut mendorong anak untuk selalu dapat meraih prestasi dengan cara yang benar. Anak akan berusaha untuk untuk lebih giat belajar atau berlatih agar prestasinya tidak tergeser oleh temannya.

Anak merasa dihargai

Mama bisa bayangkan wajah bahagia anak saat diberikan kado, pastinya akan merasa sangat bahagia. Anak merasa lebih dihargai karena usaha dan kerja kerasnya mendapat penghargaan. Perasaan senang karena hasil jerih payahnya di hargai maka anak akan terus mempertahankan prestasinya.

Nah, sekarang kalau mama ingin memberikan kado pada anak sebaiknya mama bisa memberikan kado yang sesuai dengan hobi, kesukaan atau memang sesuatu yang bermanfaat bagi anak. Anak kekinian tentunya akan berbeda dari jaman mama ya di mana jenis serta macam kado tidak sebanyak sekarang.

  1. Kado yang sesuai dengan hobi anak
Ilustrasi Hadiah Sesuai Hobi Anak
Ilustrasi Hadiah Sesuai Hobi Anak (Foto: qoo10.sg)

Sebelum mama mencarikan kado untuk anak, sebaiknya mama perhatikan hobi anaknya. Anak akan lebih senang jika menerima kado yang bisa mendukung hobinya. Kalau mama memberikan kado sesuai hobinya itu artinya mama ikut mendukung anak melakukan hobinya. Mama bisa memberikan kado peralatan melukis atau menggambar, dan sebagainya terpenting dapat mendukung hobinya ya.

  1. Kado yang sesuai dengan cita-citanya
Ilustrasi Hadiah Sesuai CIta-cita Anak
Ilustrasi Hadiah Sesuai CIta-cita Anak (Foto: aliexpress.com)

Jangan salah lho mama, mungkin saja mama belum menyadari kalau anak juga sudah bisa merancang cita-citanya dari kecil lho. Anak mama mungkin ada yang bercita-cita menjadi dokter, pilot, insinyur, dan sebagainya. Mama bisa membelikan kado berupa perangkat mainan edukasi untuk anak, seperti perangkat mainan dokter-dokteran.

  1. Kado untuk penyuka olahraga
Ilustrasi Kado Tema Olahraga
Ilustrasi Kado Tema Olahraga (Foto: frumcare.com)

Mama tau kan, sekarang ini sedang demam olahraga sepak bola dan futsal. Rata-rata anak laki-laki jaman sekarang pasti suka melakukan olahraga tersebut. Jadi kalau mama bisa menghadiahi sepatu bola, bola, bahkan kaos bola dari tim favoritnya pasti akan merasa girang.

  1. Kado untuk si kutu buku
Ilustrasi Kado Buku Untuk Anak
Ilustrasi Kado Buku Untuk Anak (Foto: id.pinterest.com)

Nggak ada pilihan lain bagi si kutu buku ini. Buku cerita atau novel atau komik anak-anak menjadi pilihan kado yang paling tepat. Anak yang mempunyai hobi membaca ini memang mempunyai dunia antara dirinya dan buku.

  1. Kado untuk anak yang mengikuti les keterampilan
Ilustrasi Kado Alat Musik Untuk Anak
Ilustrasi Kado Alat Musik Untuk Anak (Foto: ox.ac.uk)

Anak mama mengikuti les keterampilan, seperti les alat musik, les balet atau bahkan les tari lainnya. Alangkah senang anak jika mama memberikan kado berupa gitar, baju balet cantik atau seperangkat drum untuk dirinya berlatih di rumah. Kado ini tentunya dapat sebagai pendukung anak untuk memperlancar keterampilannya.

  1. Kado untuk mengajarkan anak nilai keagamaan
Ilustrasi Kado Ajarkan Anak Nilai Keagamaan
Ilustrasi Kado Ajarkan Anak Nilai Keagamaan (Foto: blibli.com)

Kalau menurut mama, usia ini anak sudah harus mulai belajar nilai-nilai agama, maka mama bisa memberikan kado yang bisa mendukung kegiatan ini. Mama bisa memberikan kado berupa mukena atau sarung atau jilbab atau sejadah dengan karakter yang anak senangi.

  1. Kado mengajarkan anak kerapihan
Ilustrasi Kado Ajarkan Anak Kerapihan
Ilustrasi Kado Ajarkan Anak Kerapihan (Foto: spreijepang.com)

Mama ingin mengajarkan anak kerapihan? Mama bisa memulainya dari mengajarkan membersihkan tempat tidurnya sendiri. Biar anak menjadi semangat mama bisa memberikan kado seperangkat sprei dengan karakter yang menjadi kesukaannya. Pasti anak akan bertambah rajin membersihkan tempat tidurnya sendiri.

  1. Kado untuk anak yang masih punya selera konservatif
kado boneka buat anak
(Foto: whatmomslove.com)

Maksud konservatif disini adalah anak yang masih menyukai hal-hal standart, seperti bermain boneka, bermain masak-masakan dan sebagainya. Mama nggak salah pilih kalau masih memberikan boneka Barbie yang besar atau seperangkat peralatan dapur mainan.

  1. Kado untuk si penyuka petualangan
Ilustrasi Anak Petualang
Ilustrasi Anak Petualang (Foto: cbc.ca)

Mempunyai anak lebih menyukai kegiatan petualangan memang lebih baik mama tidak memberikannya kado berupa barang. Bagi dirinya pasti akan lebih menantang kalau dirinya dapat pergi  melakukan kegiatan di luar rumah. Khusus anak tipe ini mama bisa memberikannya kado berupa tiket mengunjungi taman bermain out-door atau in-door yang penuh dengan aktifitas fisik yang menantang, seperti flying fox dan sejenisnya. Wah, pasti anak akan bahagia sekali apalagi jika bisa melakukannya bersama mama dan papa.

  1. Kado untuk sang pemikir
Ilustrasi Anak Mendapat Kado Rubic
Ilustrasi Anak Mendapat Kado Rubic (Foto: calgaryherald.com)

Khusus untuk tipe anak pemikir, mama harus memberikan kado yang yang bersifat edukasi. Anak seperti ini tidak akan tertarik dengan permainan yang tidak ada tantangannya jadi mama sebaiknya memberikan kado seperti rubic, lego atau puzzle.

Memberikan kado ulang tahun anak berupa barang mewah seperti gadget dan sebagainya boleh-boleh saja, tetapi sebaiknya mama bisa bijaksana dengan memperhatikan usia anak. Apakah anak sudah pantas dan perlu memiliki barang-barang mahal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *